Jet Stream dan Pengaruhnya dalam Dunia Penerbangan
Jet
stream adalah fenomena menarik sebab hembusan angin berkekuatan 100
km/jam ini baru bisa terjadi pada kondisi cuaca ekstrem. Salah satunya
perbedaan tekanan udara yang sangat ekstrem antara daerah bertekanan
udara tinggi dengan daerah bertekanan rendah.
Angin yang cukup kencang yang memusat dalam jalur sempit di atmosfer.
Arus jet biasanya memiliki panjang ribuan kilometer dan lebar ratusan
kilometer, namun hanya memiliki tebal beberapa kilometer. Arus tersebut
biasanya ditemukan antara enam hingga sepuluh kilometer di atas muka
tanah.
jet
stream merupakan alur dari arus udara yang mengalir dengan kecepatan
tinggi seperti layaknya sebuah sungai yang terjadi sebagai akibat
fenomena alam pada pertemuan udara panas dengan udara dingin. (sebut
saja angin kencang). Jet stream dapat mengakibatkan pesawat terbang
menjadi lebih cepat dan dikenal sebagai tail wind dan sebaliknya dapat
menghambat kecepatan pesawat yang dikenal sebagai head wind. Arus jet merupakan hembusan angin yang sangat kencang, yang terjadi karena keadaan cuaca yang ekstrem.menemukan
penyebaran karbondioksida di tengah-tengah lapisan troposphere yang
secara kuat dipengaruhi oleh permukaan inti sumber karbondioksida dan
pola sirkulasi atmosfir dalam skala besar, seperti arus jet dan sistem
iklim di tengah garis lintang bumi.
Jet
stream biasanya kontinu jarak jauh, tapi diskontinuitas yang umum.
Jalan jet biasanya memiliki bentuk berkelok-kelok, dan ini meander
sendiri menyebarkan timur, pada kecepatan lebih rendah dari yang
sebenarnya angin dalam aliran tersebut. Setiap berliku-liku besar, atau gelombang, dalam aliran jet dikenal sebagai gelombang Rossby . gelombang Rossby disebabkan oleh perubahan dalam efek Coriolis
dengan lintang, dan menyebarkan ke barat sehubungan dengan aliran di
mana mereka tertanam, yang memperlambat migrasi timur palung tingkat
atas dan pegunungan di seluruh dunia jika dibandingkan dengan gelombang
pendek tertanam palung mereka. Shortwave palung adalah paket lebih kecil
dari energi tingkat atas, pada skala 1.000 kilometer (620 mil) untuk
4.000 kilometer (2.500 mi) panjang, yang bergerak melalui pola aliran di
sekitar skala besar, atau gelombang panjang, pegunungan dan palung
dalam gelombang Rossby. Jet sungai dapat dibagi menjadi dua karena
pembentukan tingkat-atas tertutup rendah, yang mengalihkan sebagian dari
aliran jet bawah dasar, sementara sisa bergerak jet oleh ke utara.
Hubungan
angin termal tidak segera memberikan penjelasan mengapa angin
diorganisir dalam jet ketat, daripada didistribusikan secara lebih luas
di belahan bumi. Ada dua faktor yang berkontribusi terhadap ketajaman
ini jet. Faktor pertama adalah kecenderungan untuk mengembangkan
gangguan siklon di midlatitudes untuk membentuk front - gradien lokal tajam suhu. Jet stream depan polar dapat dianggap sebagai hasil dari ini frontogenesis proses midlatitudes, sebagai badai berkonsentrasi selatan suhu kontras-utara ke daerah yang relatif sempit.
Jet sungai mengalir dari barat ke timur di bagian atas troposfer.
Jet stream cepat mengalir, sempit aliran udara yang ditemukan di atmosfer beberapa planet , termasuk Bumi . The main jet stream terletak dekat tropopause , transisi antara troposfer(dimana suhu menurun dengan ketinggian ) dan stratosfer
(peningkatan suhu dimana dengan ketinggian). The jet aliran utama di
Bumi adalah angin barat (mengalir barat ke timur ). jalur mereka
biasanya memiliki berkelok-kelok
bentuk; jet stream mungkin start, stop, dibagi menjadi dua atau lebih
bagian, bergabung menjadi satu aliran, atau aliran dalam berbagai arah
termasuk arah yang berlawanan dari sebagian besar jet. Jet stream terkuat adalah jet polar, sekitar 7-12 km (23,000-39,000 ft) di atas permukaan laut, dan agak lemah jet subtropis dan lebih tinggi di sekitar 10-16 km (33,000-52,000 ft). Para belahan bumi utara dan belahan bumi selatan
masing-masing memiliki kedua kutub dan jet jet subtropis. Kutub belahan
bumi utara jet mengalir di tengah untuk garis lintang utara Amerika Utara , Eropa , dan Asia dan intervensi lautan mereka, sedangkan kutub belahan bumi selatan sebagian besar kalangan jet Antartika sepanjang tahun.
Jet stream disebabkan oleh kombinasi dari planet rotasi pada porosnya dan pemanasan atmosfer (oleh radiasi matahari dan, pada beberapa planet lain selain bumi, panas internal ). Para efek Coriolis menggambarkan bagaimana planet permukaan dan suasana memutar relatif tercepat untuk satu sama lain pada planet khatulistiwa sementara hampir tidak berputar sama sekali dikutub
. Meskipun perbedaan ini kecepatan umumnya telah sangat berpengaruh
sedikit pada permukaan planet ini, memainkan peran penting dalam arus
udara atmosfer karena udara pada tingkat yang lebih tinggi dari
atmosfer, terutama di dekat khatulistiwa, harus melakukan perjalanan
sangat cepat untuk bersaing dengan rotasi planet itu. Dengan demikian
ada kecenderungan untuk udara pada tingkat yang lebih tinggi dari
atmosfer untuk "tergelincir" dan jatuh di belakang kecepatan udara di
bawah ini. Hal ini menghasilkan penumpukan tekanan balik "terpeleset"
udara, dan udara segar akan harus mengejar dengan bergerak ke arah umum
yang sama seperti planet rotasi (barat ke timur di Bumi) namun, udara
ini tidak tidak mengikuti pola sederhana tetapi juga dipengaruhi oleh
suhu dan kadar air dibandingkan dengan daerah udara sekitarnya. Pada
intinya, bukan atmosfer bergerak bersama dengan planet ini secara
konsisten, bagian dari perjalanan suasana lebih cepat dari yang lain
melalui jet stream.
Jet stream di dekat batas-batas bentuk massa udara yang berdekatan dengan perbedaan yang signifikan dalam temperatur , seperti daerah kutub dan udara hangat menuju khatulistiwa.
Meteorologi menggunakan lokasi dari beberapa jet sungai sebagai bantuan dalam peramalan cuaca
. Relevansi komersial utama dari jet aliran dalam perjalanan udara,
waktu penerbangan dapat secara dramatis dipengaruhi oleh baik terbang
dengan arus atau melawan arus dari aliran jet. Clear-turbulensi udara
, berpotensi membahayakan keselamatan penumpang pesawat, sering
ditemukan di sekitar aliran jet. Salah satu manfaat masa depan jet
stream bisa juga untuk tenaga turbin angin udara . jet lain juga ada. Selama musim
panas
belahan bumi utara, jet timur dapat terbentuk di daerah tropis,
biasanya di daerah mana udara kering bertemu udara lebih lembab di
ketinggian. Tingkat rendah jet juga khas dari berbagai daerah seperti
Amerika Serikat pusat.
Setelah
letusan 1883 gunung Krakatau, pengamat cuaca dilacak dan memetakan efek
di langit selama beberapa tahun. Mereka berlabel fenomena tersebut
sebagai "aliran asap khatulistiwa." Pada tahun 1920, seorang ahli
meteorologi Jepang,Oishi Wasaburo , terdeteksi aliran jet dari sebuah situs di dekat Gunung Fuji . Dia dilacak balon pilot
, juga dikenal sebagai pibals (balon angin digunakan untuk menentukan
tingkat atas), ketika mereka naik ke atmosfer. Ooishi pekerjaan yang
sebagian besar tanpa terasa luar Jepang. American pilot Wiley Post
, orang pertama yang terbang solo dunia pada tahun 1933, sering
diberikan beberapa kredit untuk penemuan jet stream. Post menemukan
setelan bertekanan yang membiarkan dia terbang di atas 6.200 meter
(20.300 kaki). Pada tahun sebelum kematiannya, Pos melakukan beberapa
upaya di dataran benua penerbangan-tinggi, dan memperhatikan bahwa pada
waktu kecepatan gerak-nya jauh melebihi kecepatan udara nya. Jerman
meteorologi H. Seilkopf dikreditkan dengan coining istilah khusus,
Strahlströmung (harfiah " jet
streaming ") untuk fenomena di 1939. (Jerman Modern adalah penggunaan
"Strahlstrom".) Banyak sumber kredit pemahaman yang benar tentang sifat
jet stream ke-jalur penelusuran dan diulang penerbangan reguler selama Perang Dunia II . Flyers konsisten melihat tailwinds barat lebih dari 100 mph dalam penerbangan, misalnya, dari Amerika ke Inggris.
Polar jet stream biasanya terletak di dekat 250 hPa tingkat tekanan, atau 7 kilometer (4.3 mil) dengan 12 kilometer (7,5 mil) di atas permukaan laut
, sedangkan jet subtropis lemah stream jauh lebih tinggi, antara 10
kilometer (6.2 mil) dan 16 kilometer (9,9 mil) di atas permukaan laut.
Di setiap belahan bumi, baik tingkat atas aliran jet bentuk dekat
istirahat di tropopause, yang berada pada ketinggian yang lebih tinggi
di dekat khatulistiwa daripada di kutub, dengan perubahan besar di
ketinggian yang terjadi di dekat lokasi aliran jet. The jet stream
belahan bumi kutub utara ini paling sering ditemukan antara garis
lintang 30 ° N dan 60 ° N
, yang terletak di utara aliran jet subtropis dekat dengan lintang 30 °
N. sementara Jet tingkat hulu dikatakan "mengikuti matahari" ketika
bergerak ke utara selama musim hangat, atau akhir musim semi dan musim
panas, dan selatan selama musim dingin, atau musim gugur dan musim
dingin.
Lebar aliran jet biasanya beberapa ratus mil dan ketebalan vertikal sering kurang dari tiga kilometer.
Jet
stream biasanya kontinue jarak jauh, tapi diskontinuitas yang umum.
Jalan jet biasanya memiliki bentuk berkelok-kelok, dan ini meander
sendiri menyebarkan timur, pada kecepatan lebih rendah dari yang
sebenarnya angin dalam aliran tersebut. Setiap berliku-liku besar, atau gelombang, dalam aliran jet dikenal sebagai gelombang Rossby . gelombang Rossby disebabkan oleh perubahan dalam efek Coriolis
dengan lintang, dan menyebarkan ke barat sehubungan dengan aliran di
mana mereka tertanam, yang memperlambat migrasi timur palung tingkat
atas dan pegunungan di seluruh dunia jika dibandingkan dengan gelombang
pendek tertanam palung mereka. Shortwave palung adalah paket lebih kecil
dari energi tingkat atas, pada skala 1.000 kilometer (620 mil) untuk
4.000 kilometer (2.500 mi) panjang, yang bergerak melalui pola aliran di
sekitar skala besar, atau gelombang panjang, pegunungan dan palung
dalam gelombang Rossby. Jet sungai dapat dibagi menjadi dua karena
pembentukan tingkat-atas tertutup rendah, yang mengalihkan sebagian dari
aliran jet bawah dasar, sementara sisa bergerak jet oleh ke utara.
Kecepatan angin bervariasi tergantung dari suhu gradien , melebihi 92 kilometer per jam (50 kn), meskipun kecepatan lebih dari 398 kilometer per jam (215 kn) telah diukur, meteorologi sekarang memahami bahwa jalan jet mengarahkan aliran siklon
sistem badai di tingkat bawah di atmosfer, sehingga pengetahuan tentu
saja mereka telah menjadi bagian penting dari peramalan cuaca. Sebagai
contoh, pada tahun 2007, Inggris mengalami banjir parah sebagai akibat dari jet tinggal kutub selatan untuk musim panas.
Jet kutub dan subtropis bergabung di beberapa lokasi dan waktu, sementara di lain waktu mereka benar terpisah.Di
Bumi, jet stream kutub utara adalah yang paling penting untuk dan
prakiraan cuaca penerbangan, karena lebih kuat dan pada ketinggian yang
jauh lebih rendah dibandingkan dengan jet subtropis sungai dan juga
mencakup banyak negara dibelahan bumi utara , sedangkan kutub selatan jet kebanyakan aliran lingkaran Antartika dan kadang-kadang ujung selatan Amerika Selatan . Aliran jet panjang dalam konteks ini sehingga biasanya menyiratkan jet stream kutub utara.
Penerbangan.Penerbangan antara Tokyo dan Los Angelesmenggunakan jet aliran yg menuju ke timur dan lingkaran besar rute ke arah barat.Lokasi aliran jet sangat penting bagi penerbangan. penggunaan komersial aliran jet dimulai pada 18 November 1952,, ketika Pan Am
terbang dari Tokyo ke Honolulu pada ketinggian 7.600 meter (24.900
kaki). Ini memotong waktu perjalanan dengan lebih dari sepertiga,
18-11,5 jam. Tidak hanya memotong waktu dari penerbangan, juga jaring
penghematan bahan bakar untuk industri penerbangan. Dalam Amerika
Utara, waktu yang dibutuhkan timur terbang melintasi benua dapat diturunkan oleh sekitar 30 menit jika sebuah pesawat bisa terbang dengan aliran jet, atau meningkat lebih dari jumlah tersebut jika harus terbang barat menentangnya.Terkait dengan jet stream adalah fenomena yang dikenal sebagai turbulensi udara jelas (CAT), disebabkan oleh vertikal dan horizontal windshear terhubung ke jet aliran. CAT ini terkuat di dingin udara
sisi jet, sebelah dan hanya di bawah sumbu jet. Clear turbulensi udara
dapat menyebabkan pesawat untuk terjun dan menyajikan bahaya
keselamatan penumpang yang telah menyebabkan kecelakaan fatal, seperti
kematian salah satu penumpang United Airlines Penerbangan 826 (1997) .
Jet
stream disebabkan oleh kombinasi rotasi planet pada porosnya dan
pemanasan atmosfer (oleh radiasi matahari dan, pada beberapa planet lain
selain bumi, panas internal). Efek Coriolis menggambarkan bagaimana
permukaan dan atmosfer planet berputar relatif tercepat untuk satu sama
lain pada khatulistiwa planet sementara hampir tidak berputar sama
sekali di kutub. Meskipun perbedaan ini kecepatan umumnya telah sangat
berpengaruh sedikit pada permukaan planet ini, memainkan peran penting
dalam arus udara atmosfer karena udara pada tingkat yang lebih tinggi
dari atmosfer, terutama di dekat khatulistiwa.
Jet
stream dapat mengakibatkan pesawat terbang menjadi lebih cepat dan
dikenal sebagai tail wind dan sebaliknya dapat menghambat kecepatan
pesawat yang dikenal sebagai head wind. Di
dalam atau di sekitar jet stream acap terbentuk kantung udara (air
pocket), yaitu kolom udara yang terdiri dari bertemunya aliran udara
dari arah yang tidak beraturan dengan kecepatan tinggi sehingga
menghasilkan dorongan udara yang kuat ke bawah, dikenal dengan istilah
down draft atau sebaliknya, dorongan yang kuat ke atas up-draft.jet stream umumnya berhembus dari barat.
Jet
stream merupakan angin yang kuat di tingkat atmosfer bagian atas.
Gerakan angin dari barat ke timur di jet sungai tetapi alirannya sering
bergeser ke utara dan selatan. Jet stream mengikuti batas-batas antara
udara panas dan dingin. Karena batas udara panas dan dingin yang paling
menonjol di musim dingin, jet stream yang terkuat baik untuk musim
dingin belahan bumi utara dan selatan.
Mengapa aliran jet angin bertiup dari barat ke timur?
Ingat dari bagian sebelumnya apa yang pola angin global akan menjadi
seperti jika bumi itu tidak berputar. (Udara hangat naik di khatulistiwa
akan bergerak ke arah kedua kutub.) Kita melihat bahwa rotasi bumi
dibagi sirkulasi ini menjadi tiga sel. rotasi bumi bertanggung jawab
untuk aliran jet juga.
Gerakan
udara tidak secara langsung utara dan selatan tetapi dipengaruhi oleh
momentum udara telah ketika bergerak jauh dari khatulistiwa. Alasannya
ada hubungannya dengan momentum dan seberapa cepat lokasi pada atau di
atas Bumi bergerak relatif terhadap sumbu bumi.
Munculnya
sebenarnya aliran jet hasil dari interaksi kompleks antara banyak
variabel - seperti lokasi sistem tekanan tinggi dan rendah, udara hangat
dan dingin, dan perubahan musiman. Mereka berliku-liku di seluruh
dunia, turun naik di ketinggian / lintang, membelah pada waktu dan
membentuk pusaran, dan bahkan menghilang sama sekali untuk muncul di
tempat lain.
Jet stream juga "mengikuti matahari"
dalam bahwa sebagai elevasi matahari meningkat setiap hari di musim
semi, jet sungai utara bergeser pindah ke Kanada oleh Summer. Sebagai
Autumn pendekatan dan menurunkan elevasi matahari, aliran jet selatan
bergerak ke Amerika Serikat membantu untuk membawa udara dingin ke
negara itu.
Namun,
udara ini tidak tidak mengikuti pola sederhana tetapi juga dipengaruhi
oleh suhu dan kadar air dibandingkan engan daerah udara sekitarnya. Pada
intinya, bukan atmosfer bergerak bersama dengan planet ini secara
konsisten, bagian dari perjalanan suasana lebih cepat dari yang lain
melalui jet stream. Jet
stream di dekat batas-batas bentuk massa udara yang berdekatan dengan
perbedaan yang signifikan dalam temperatur, seperti daerah kutub dan
udara hangat menuju khatulistiwa
Meteorologi
menggunakan lokasi dari beberapa jet sungai sebagai bantuan dalam
peramalan cuaca. Relevansi komersial utama dari jet aliran dalam
perjalanan udara, waktu penerbangan dapat secara dramatis dipengaruhi
oleh baik terbang dengan arus atau melawan arus dari aliran jet. Maka
berpotensi membahayakan keselamatan penumpang pesawat, sering ditemukan
di sekitar aliran jet. Salah satu manfaat masa depan jet stream bisa
untuk turbin tenaga angin di udara. jet lain juga ada. Selama
musim panas belahan bumi utara, jet timur dapat terbentuk di daerah
tropis, biasanya di daerah mana udara kering bertemu udara lebih lembab
di ketinggian. Tingkat rendah jet juga khas dari berbagai daerah seperti Amerika Serikat .
Pada
intinya Jet Stream Membantu dalam dunia penerbangan jika arus jet nya
searah...nek berlawanan bisa hancur, karena kekuatan Jet Stream suangatt
kuat sekali ada yang kurang lebih 300km/jam juga lo....jadi WASPADALAH....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar