Selamat Datang di Meteorologi Penerbangan Adisutjipto
toolbar powered by Conduit

Selasa, 13 September 2011

ISTILAH METEOROLOGI
C

CAT
(CAT).
Singkatan dari “Clear Air Turbulence”. Lihat: golak-galik udara cerah.

CAVOK(CAVOK).
Kata sandi dalam bahasa laporan cuaca penerbangan yang menyatakan bahwa laporan rinci tidak diperlukan karena cuaca baik. Laporan CAVOK dibuat apabila nilai unsur cuaca berikut ini terjadi secara simultan, yakni :
- Banglas sebesar atau lebih dari 10 km,
- Tidak ada awan dibawah 1500 m (500 kaki), atau dibawah ketinggian paling tinggi dari ketinggian bagian bandar udara (bila ada),
- Tidak ada Kumulonimbus,
- Tidak ada hujan,
- Tidak ada badaiguntur,
- Tidak ada badaipasir,
- Tidak ada badaidebu,
- Tidak ada kabut rendah atau debu layang,
- Tidak ada pasir atau salju.

Cb(Cb).
Singkatan dari “Cumulonimbus”. Digunakan dalam bahasa laporan cuaca penerbangan untuk menyatakan adanya Kumulonimbus.

Cerah Suaian(adaptation brightness).
Rata-rata terangnya benda dan permukaan di sekitar pengamat yang memberikan kiraan jarak pandang.

Cu(Cu).
Singkatan yang digunakan dalam bahasa laporan untuk menyatakan adanya Kumulus.

Cuaca(weather).
Keadaan udara atau atmosfer di suatu tempat pada suatu saat atau waktu (jam, hari, minggu, bulan, ... dan seterusnya). Dengan definisi tersebut kita dapat mengatakan, misalnya cuaca saat ini, cuaca jam 12, cuaca hari Minggu, cuaca tanggal 17 Agustus, cuaca minggu ini, cuaca bulan September, dst.).

Cuaca Baik(fair weather).
Cuaca yang menyenangkan, umumnya ditandai dengan antara lain : tidak ada hujan, awan rendah yang menutupi langit kurang dari 3 okta, tidak ada fenomena ekstrem misalnya banglas rendah, angin kencang.

Cuaca Instrument(instrument weather).
Cuaca sepanjang jalur penerbangan atau di Bandar udara yang banglasnya cukup rendah sehingga penerbangan perlu menggunakan aturan yang ditetapkan bagi penerbangan yang menggunakan instrumen pemandu penerbangan.

Cuaca Signifikan(significant weather).
Cuaca atau perubahan kondisi unsur cuaca dan/atau fenomena cuaca yang dipandang berarti bagi keselamatan penerbangan, misalnya badaiguntur aktif, badai salju, badai pasir, gebos kuat, geser angin, banglas sangat rendah kurang dari 300 meter, yang terjadi baik di Bandar udara maupun di jalur penerbangan.

Cuaca Terang(contact weather).
Cuaca yang memenuhi bagi penerbangan visual, yaitu penerbangan yang tidak menggunakan instrument pemandu penerbangan.

Curahan(precipitation).
Air atau salju yang berasal dari awan dan jatuh mencapai bumi.
Curahan Massa Udara(air mass precipitation).
Curahan yang hanya dapat dikenali dengan sebaran suhu dan kelembapan udara dalam massa udara. Lihat : hujan curah massa udara.

Curahan Setempat(local rain ).
Sama dengan curahan lokal.

Curahan Lokal(local precipitation).
Curahan yang jatuh pada daerah terbatas kurang dari beberapa km2.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar